16 Maret 2011

Kopi Tekan Kanker Hati??

Kanker hati tampaknya lebih jarang ditemui pada peminum kopi dibandingkan dengan pada orang yang tidak minum kopi. demikian laporan yang dipublikasikan dalam jurnal Hepatology edisi Agustus lalu, yang menampilkan temuan dari 10 studi tentang hubungan antara kopi dan kanker hati.

Studi-studi itu dikaji ulang oleh para peneliti, termasuk fFransesca bravi dari instituto di Ricerche Farmacologiche di Milan, Italia.Data menunjukkan bahwa peminum kopi tampaknya 41 persen lebih sedikit didiagnosis kanker hati dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Untuk setiap cangkir kopi yang diminum,angka kemungkinan didiagnosis kanker hati menurun sampai 23persen. Beberapa studi mendefinisikan konsumsi kopi sebanyak 3 cangkir atau lebih per hari.

Faktanya, kanker hati lebih jarang pada peminum kopi di semua negara (Yunani, Italia, dan Jepang). Penelitian mengatakan bahwa temuan ini bukan kebetulan atau fenomena lokal. Mereka berspekulasi bahwa kopi memperbaiki enzim hati dan memotong sirosis dan kanker hati.Namun, tim Bravi tidak menjanjikan bahwa minum kopi akan mencegah kanker hati

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites