14 April 2011

Gizi Balita

Pentingnya gizi balita
Masa Balita nerupakan masa kritis dalam tumbuh kembang anak, karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada masa berikutnya.
Anak yang kekurangan gizi akan terpengaruh perkembangan otaknya karena jaringan otak anak yang tumbuh normal akan mencapai 80% berat otak orang dewasa sebelum berumur 3 tahun, shingga apabila pada masa ini terjadi gangguan gizi kurang, dapat menimbulkan gangguan fisik maupun mental dan menurunkan daya tahan tubuhnya.

Makanan Bergizi
Makanan bergizi adalah makanan yang dimakan secara beraneka ragam, makin beragam makin tinggi gizinya. Cara menyusun hidangan yang sehat yaitu dengan menggunkan pedoman “ Triguna Makanan”, yaitu memilih makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur.

1. Makanan sebagai zat tenaga (karbohidrat dan lemak)/ makanan pokok. Pengertian : makanan yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga, untuk aktifitas sehari – hari, seperti bekerja, berolah raga dsb. Sumber zat tenaga : beras, mentega, mie, telur, ubi jagung, sagu, terigu, kentang, singkong, roti, kue, dsb.
2. Makanan sebai zat pembangun (protein)/lauk pauk. Pengertian : makanan yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan dan memperbaiki organ tubuh yang rusak. Sumber zat pembangun : tempe, tahu, telur, susu, ikan , daging ayam, kacang hijau, kedelai, udang, kacang merah, dsb.
3. Makanan sebagai zat pengatur (vitamin dan mineral)/sayur dan buah – buahan Pengertian : makanan yang berfungsi mengatur organ – organ tubuh untuk melaksanakan fungsinya secara teratur. Sumber zat pengatur : kangkung, bayam, daun ubi, wortel, kacang panjang, pepaya, mangga, jeruk, pisang. dsb.

ASI
Air susu ibu merupakan makanan yang paling cocok bagi bayi, srta mempunyai berbagai manfaat antara lain :
1. Mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi, untuk pertumbuhan dan perkembanganya.
2. Mengandung zat kekebalan terhadap infeksi, Mudah dicerna, Mudah diberikan
3. Tidak usah membeli, Menyehatkan ibu
4. Merupakan kasih sayang ibu terhadap anaknya, Bersih dan tidak pernah basi
5. Menghindarkan bayi dari diare
6. Bagi bayi, menghisap ASI dapat membantu pertumbuhan gigi, langit – langit dan rahangnya secara sempurna.

ASI eksklusif artinya bayi harus diberikan ASI saja sejak bayi lahir hingga bayi berumur 4 bulan, dan berdasarkan penelitian terbaru, ASI eksklusif dapat diberikan sampai bayi berumur 6 bulan.mempunyai banyak keuntungan yaitu
1. ASI satu – satunya makanan yang terbaik bagi bayi umur 0 – 4 bulan, karena mengandung cukup zat gizi untuk tumbuh kembang bayi.
2. Pencernaan bayi belum kuat mencerna makanan lain selain ASI.

Cara mengukur pertumbuhan balita
1. Timbang anak setiap bulan di Posyandu atau Puskesmas.
2. Anak sehat, tambah umur tambah berat. Lihat pertumbuhan dan perkembangan anak di KMS.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites